Home » » Mengenal Jenis Bahan Papan Pantul Ring Basket

Mengenal Jenis Bahan Papan Pantul Ring Basket

ring basket
Ketika kamu berencana untuk membeli ring basket untuk di perumahan atau untuk didepan rumah kamu, sering kali kamu mungkin merasakan kebingungan tentang banyaknya pilihan dan minimnya informasi yang tersedia tentang bahan, jenis, dan model dari ring basket tersebut, serta banyaknya merek juga semakin membuat kita galau dalam memilih. Salah satu yang paling penting adalah apa jenis bahan yang akan kamu gunakan untuk papan ring basket kamu. Bahan papan ini sangat penting karena akan menentukan baik atau tidaknya serta bagaimana tahan lama seluruh sistem ring basket yang akan kamu beli, serta menentukan kualitas rebound (yaitu seberapa baik basket memantul melawan backboard). Berikut adalah lima jenis utama dari backboards atau papan sandaran ring basket dan apa yang harus kamu ketahui sebelum kamu membeli.
  • Molded Plastic
Plastik umumnya seringkali kamu jumpai pada sistem basket termurah dan dapat terjangkau untuk semua orang, dan itu benar-benar hanya cocok untuk anak-anak kecil atau orang-orang yang hanya bermain sesekali. Karena papan yang berbahan baku plastic umumnya tidak memiliki daya pantul yang cukup baik ketika digunakan para professional.
  • Akrilik
Bahan yang paling umum yang sering akan kamu jumpai di pasaran adalah akrilik. Bahan baku akrilik ini sangat murah, namun tetap memberikan daya tahan yang kuat dan memberikan pantulan bola yang lumayan baik. Satu-satunya hal yang harus membuat kamu benar-benar berpikir ulang sebelum membeli papan bola basket berbahan baku akrilik adalah kenyataan bahwa akrilik cenderung kuning setelah ditinggalkan di bawah sinar matahari selama beberapa tahun.
  • Polycarbonate
Polycarbonate mempunyai fungsi seperti akrilik, tetapi memiliki keuntungan menjadi jauh lebih kuat. Bahkan, itu adalah sekitar lima kali lebih tahan lama. Secara umum, ketika Kamu melihat dua sistem tersebut dan diberikan pilihan antara keduanya dengan harga yang sama, dan satu menawarkan papan polikarbonat dan yang satunya berbahan lain akrilik, Kamu harus memilih untuk akrilik. Harap dicatat bahwa beberapa papan basket yang mengatakan mereka memiliki "polikarbonat akrilik" sebenarnya papan tersebut hanya benar-benar berbahan polikarbonat tanpa bahan akrilik.
  • Kaca
Kaca merupakan bahan papan basket yang digunakan untuk professional termasuk yang digunakan NBA dan NBL Indonesia, selain itu papan dengan bahan baku kaca adalah dibuat dari bahan kaca pilihan karena tidak ada yang sama kekakuan murni mereka. Jika Kamu benar-benar ingin jenis material yang sama yang digunakan di NBA, Kamu harus mendapatkan papan kaca yang 72 inci lebar dan dengan ketebalan setengah inci.
  • Baja
Sementara backboards atau papan basket baja hampir selalu ditemukan pada tujuan basket komersial, beberapa diantaranya dicat untuk dijadikan media promosi periklanan. Sementara backboards baja tidak benar-benar menawarkan keawetan lebih besar dari papan jenis akrilik. gereja-gereja, sekolah, dan taman umum di luar ruangan sering menggunakan papan basket berbahan baja terutama di amerika serikat, karena dengan tujuan daya tahan yang luar biasa dan tidak mudah rusak maupun dihancurkan. Baja benar-benar dapat bertahan selama beberapa dekade, bahkan ketika digunakan secara ekstensif.

Demikian beberapa uraian singkat mengenai beberapa jenis papan bola basket, bagi anda yang hendak membeli atau membut sendiri papan basket sesuai keinginan kamu semoga artikel ini sedikit membantu kamu, salam bola basket !!

3 comments: