Home » » Tentang Teknik Passing dan Teknik Rebound

Tentang Teknik Passing dan Teknik Rebound


teknik passing

Passing merupakan komponen penting dalam permainan bola basket, seringkali dengan passing atau operan yang bagus angka tercipta dengan mudah.

secara teori pengertian pasing yaitu melakukan gerakan dengan tujuan bola berpindah tangan kepada teman kita satu team.

Berikut akan dijelaskan beberapa teknik passing yang umum digunakan pada basket konvensional :
  •     Bounce Pass
  •     Chest Pass
  •     Overhead Pass

1. Bounce Pass

Bounce sesuai istilah dalam bahasa inggris yang mempunyai arti yaitu pantulan. dengan begitu bounce pass adalah melakukan gerakan dengan tujuan bola berpindah tangan ke teman kita satu team dengan cara memantulkan bola ke tanah. teknik melakukan bounce pass adalah dengan memantulkan bola ke tanah dengan jarak pantulan 2/3 dari jarak kita ke tempat dimana teman satu team kita berada.

2. Chest Pass
Chest pass atau passing dengan tujuan atau target passing kita berada di dada. jenis pasing ini yang selalu banyak digunakan dalam permainan bola basket karena simpel dan teman kita pun dalam menerima operan kita tidak terlalu susah dalam melakukan penangkapan.

3. Overhead pass
Overhead pass adalah memberikan passing kepada teman kita satu team dengan memegang bola diatas kepala kita, lalu dilemparkan dengan target juga berada di atas kepala teman kita. overhead pass biasa digunakan ketika kita melakukan passing dengan jarak menengah atau passing yang melewati satu sampai dua orang pemain.

Selain ketiga macam passing di atas, ada juga jenis passing dalam basket namun sangat jarang sekali dilakukan kecuali pada situasi tertentu dan akan saya bahas pada artikel tulisan blog saya berikutnya .


Sedangkan Teknik Rebound adalah suatu istilah di dalam permainan bola basket, dimana seseorang mendapatkan bola pantul hasil dari pemain lawan ataupun teman kita satu team yang gagal melakukan attempt (percobaan) memasukkan bola ke basket.

Sedangkan dari sumber kamus ber-bahasa inggris rebound adalah the act of securing possession of the rebounding basketball after a missed shot. dengan pengertian bebas sebagai berikut reboud adalah tindakan mengamankan kepemilikan bola basket setelah tembakan lawan meleset.


dan Jenis Teknik Rebound itu sendiri masih dibagi menjadi dua yaitu Offensive Rebound dan Defensive Rebound.

Pengertian sederhananya adalah Offensive Rebound yaitu Rebound yang kita peroleh saat kita Offense atau menyerang dengan artian kita mengambil bola pantul dari teman kita satu team ketika attempt (percobaan) teman kita meleset (missed), sedang Defensive Rebound yaitu Rebound yang kita peroleh saat kita Defense atau bertahan dengan artian kita mengambil bola pantul dari lawan ketika attempt (percobaan) lawan meleset (missed).