Home » » Cara Bermain Basket : Pertahanan Wilayah

Cara Bermain Basket : Pertahanan Wilayah

cara bermain basket
cara bermain basket
Banyak perbedaan cara bermain basket antara pertahan wilayah atau zone defense bola basket dengan man to man defense atau pertahan satu lawan satu, dalam pertahan wilayah atau zone defense bukan menjaga satu pemain tertentu akan tetapi masing-masing posisi dalam pertahanan wilayah memiliki tanggung jawab dan wilayah penjagaan tertentu.

Pertahanan wilayah ini sangat efektif apabila  lawan memiliki penetrasi dribble dan penyerangan indivividual yang sangat baik dan cepat menggunakan dribble.

Sedangkan untuk keuntungan pertahanan wilayah (zone defense)
  1. Pemain lawan tidak bisa melakukan lay-up dalam menggunakan pola pertahanan ini, anda dapat melindungi area key-hole dan memaksa lawan untuk menembak dari luar. Sebuah contoh akan menggunakan zona 2-1-2 atau 2-3 yang menempatkan banyak pertahanan di key-hole. Ini adalah cara yang baik untuk melihat apakah tim lain bisa menembak dari luar. Tidak semua tim bisa menembak tembakan dari luar dengan konsisten terutama di bawah tekanan turnamen atau suatu pertandingan.
  2. Anda bisa memperlambat permainan dan mengontrol tempo permainan agak pelan dengan pola pertahan ini.
  3. Lawan cenderung menjadi tidak sabar terhadap pola pertahanan ini dan lebih sering terburu-buru dalam melepaskan tembakan.
  4. Anda akan kuat dalam posisi Defensive Rebound, dan akan mudah dalam melakukan serangan dengan cepat (Fast Break) yang merupakan cara paling ampuh untuk membukukan angka di papan skor.
Kelemahan Cara Bermain Basket Pertahanan Wilayah (Zone Defense)
  1. Apabila tim anda berada di belakang, Anda tidak akan bisa menekan pemain lawan, dan pemain lawan bisa menggunakan banyak waktu dengan menahan bola untuk memperoleh timming menembak yang baik.
  2. Selain itu apabila pemain lawan pada waktu itu mempunyai akurasi tembakan yang sangat baik, maka pola bertahan ini akan menjadi sangat buruk, karena anda akan di hujani tembakan bertubi-tubi dari pemain lawan, maka sebaiknya saran saya adalah beralihlah ke defense man to man.
  3. Banyak wilayah rawan kosong apabila kita tidak dalam konsentrasi penuh dalam menjalankan pola defense ini.
* Berbagai macam pola zone defense secara terperinci akan di sampaikan pada postingan selanjutnya.