Home » » Materi Basket : Penjagaan Satu Lawan Satu

Materi Basket : Penjagaan Satu Lawan Satu

materi basket
materi basket
  •   Sikap Dasar
Buat kaki anda diposisikan selebar bahu dengan berat badan seimbang pada kaki anda. Jika anda bertapak datar, jaga pada tumit atau kaki anda jangan terlalu dekat bersama-sama karena akan sulit untuk bergerak cepat dan anda akan menemukan pemain ofensif yang tepat menggiring bola di sekitar anda. Jaga lutut ditekuk sedikit dengan rendah pantat anda.
  •  Fokus Pada Pinggang Lawan
Jika anda ingin menghindari tipuan lawan, fokus pada bagian tubuh pemain ofensif yang tidak bergerak. Banyak pemain berpengalaman fokus pada mata, kepala dan kaki lawan mereka. jangan sekali-sekali anda menonton bola. Jika anda menonton bola, anda akan terkena fake a pass (tipuan meng-oper), fake a shoot (tipuan menembak), atau fake going one way and go the other way (tipuan pivot). jangan lakukan hal tersebut karena pemain offense akan leluasa melakukan penyerangan baik melakukan lay-up, shooting, atau slam dunk.
  • Slide Footwork (Kecepatan gerak kaki)
Footwork (Kecepatan gerak kaki) adalah aspek yang paling penting dalam materi basket defense yang satu ini. Pastikan untuk bergerak dari samping ke samping (lateral), tanpa menyilangkan kaki anda. Ketika anda geser, menjaga keseimbangan anda dengan menjaga kaki anda sedekat mungkin dengan lebar bahu anda. Selain itu, hindari membiarkan kaki anda menyentuh kaki anda yang lain saat anda bergerak.
  •  Switching
Jika anda terkena screen atau blok saya menganjurkan anda cara paling tepat yaitu agar anda melakukan switching (bertukar penjagaan) karna dengan cara inilah cara paling mudan dan tidak terlambat dalam melakukan penjagaan jika terkena screen atau blok.
  • Low Post Defense (Elbow)
Elbow adalah posisi di sekitar lingkaran garis freethrow. Di sinilah pemain ofensif (biasanya CENTER) akan berdiri menunggu bola. Mereka mencoba untuk menjaga posisi mereka di depan pemain bertahan dengan melebarkan kaki mereka selebar-lebarnya dan mengangkat lengan siku 90' untuk meminta bola kepada point guard (PG). Sebagai pemain defensif, hal pertama yang anda coba untuk mencegah adalah melakukan fronting (posisikan anda didepan pemain offense) atau denail (posisikan separuh badan anda disamping pemain lawan). Gerakkan tubuh anda sekitar tiga perempat jalan di depan dengan lengan dengan posisi memotong passing line.