Home » » Mengenal Posisi Pemain Basket

Mengenal Posisi Pemain Basket

posisi pemain basket
Point Guard (PG) - 1

Posisi pemain basket ini biasa di sebut dengan roh permainan bola basket, atau juga biasa disebut dengan jendral lapangan, posisi ini identik dengan tubuh yang tidak terlalu besar dan cenderung lincah dan cerdas. bisa melihat lebar lapangan secara luas dan pergerakan setiap pemain dari kawan.

Kesalahan penyebutan di indonesia biasanya posisi pemain basket ini di sebut dengan play maker, akan tetapi play maker sebenarnya bukan hanya point guard akan tetapi semua pemain atau posisi yang lebih menonjol dan dominan dalam team bisa menjadi play maker.

Memiliki tugas utama pendistribusi bola, menjaga aliran bola agar dapat memberikan ruang dan peluang bagi pemain lainya. menjadi jendral lapangan ketika menjalankan pattern. idealnya posisi ini harus memiliki skill komplit mulai dari shooting, dribling, dan passing.


________________________________________

Shooting Guard (SG) - 2

Sesuai dengan nama posisi pemain basket ini punya tugas utama mencetak angka atau shooting, mahir dengan perimeter ataupun 3 point shoot diharapkan pemain pada posisi ini dapat mencetak angka dari luar pain basket, akan tetapi apabila pemain ini mengalami "dead lock"  maka kebanyakan team juga akan mengalami frustasi dan akibatnya team akan bermain dibawah performance.

Small Forward (SF) - 3


"All Round" pemain ini bisa di tempatkan di posisi apapun biasanya memiliki tinggi serta berat badan yang ideal untuk menopang permainannya yang cenderung kuat dan cepat dalam pergerakan. Berlari mengisi jalur pada serangan cepat dan menyelesaikannya dengan kuat. Mencetak angka dari hampir di mana saja. Memiliki skill  shooting, dribble kuat, power dan passing juga bisa di andalkan.

Power Forward (PF) - 4

Kekuatan otot dan spesialisasi rebound menjadi skill dasar yang mutlak untuk di miliki. Dasar perbedaan hanya di keterampilan dan kelincahan off ball moving (pergerakan tanpa bola).memiliki badan besar lompatan yang tinggi dan power yang kuat akan menjadikan pemain ini bisa membuat perubahan yang fantastis dalam sebuah permainan, terkadang memang rebound mentukan segala.

Center (C) - 5

Daerah sekitar key-hole atau pain merupakan daerah yang harus dijauhkan dari lawan karena mengancam pertahanan kita maka dari itu semuan pemain berusaha mengamankan pain/key-hole mati-matian. Sangat sulit untuk pemain dengan posisi sebagai Center untuk membukukan point dalam statistik score sheet. Dia akan pressing, pushing ataupun harus foul dulu sebelum dia bisa mencetak point.

Dengan tipikal tinggi dan besar pemain dengan posisi ini selalu mengandalkan kontak fisik dan otot untuk menunjukan siapa yang terbaik di bawah ring, oleh karena itu mayoritas kontribusi pemain dengan posisi ini membukukan banyak rebound dari pada banyak point.

5 comments:

  1. artikelnya bagus

    ReplyDelete
  2. Akhirnya ngerti juga posisi basket :D

    ReplyDelete
  3. Awalnya sebelum baca artikel posisi pemain basket ini ngertinya nomor 1 itu pemain yg jadi captain, ternyata cuma ditujukan buat PG ajah, thanks pencerahannya gan.

    ReplyDelete