Home » » Dasar Dasar Basket : Filosofi Bermain Basket

Dasar Dasar Basket : Filosofi Bermain Basket

dasar dasar basket
Ada sebuah filosofi basket yang mulai saya bermain basket sampai dengan saya menjadi menjadi pelatih saya pegang yaitu Offense yang baik bisa memenangkan sebuah permainan, tetapi dengan Defense yang baik kita bisa memenangkan segalanya
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa pertahanan basket yang baik harus dengan memiliki kecepatan dan footwork yang bagus, dan banyak lagi yang harus dilakukan dengan memiliki antisipasi yang baik, menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda (three angel), keseimbangan tubuh yang baik dan fundamental dasar.

Secara umum dalam defense ada satu garis maya (tidak nampak) yang membelah lapangan menjadi dua bagian dalam lapangan bola basket itu dinamakan easy lines sebagian orang juga menyebut help lines yang memudahkan anda dalam melakukan berbagai pola defense yang akan team anda pakai. juga bisa membagi lapangan dan menjunjukan batas antara strong side (daerah yang kuat) dan weak side (daerah yang lemah).
 
Membentuk sebuah sistem defense dalam satu team membutuhkan waktu banyak, kesabaran, kedisiplinan. Pelatih bertanggung jawab menentukan sistem defense yang efektif. Tugas ini memerlukan percobaan, pengertian khusus antar sesama anggota team, dan kondisi fisik yang prima.

Ini semua bertujuan membangun team anda menjadi sebuah kerangka utuh membangun kekuatan team agar dapat di eksploitasi secara maksimal.

Dasar Dasar Basket ada 3 yang paling penting untuk mempelajari bola basket pada tekhnik lanjut, antara lain sebagai berikut :
  • Dribling (gerakan memantulkan bola ke tanah)
  • Passing (gerakan mengoper bola)
  • Shooting (gerakan untuk menghasilkan angka ke basket)
 langsung penjelasan satu persatu nya sebagai berikut :

  1. Dribling (gerakan memantulkan bola ke tanah)

dribble merupakan dasar dasar basket paling utama dan mutlak dimiliki dalam bermain bola basket, semakin mahir dalam melakukan drible maka semakin pula dia dengan mudah melewati pemain yang menjaga, oleh karena itu drible menjadi tekhnik vital dalam bermain bola basket.

secara umum pengertian drible yaitu melakukan gerakan memantulkan bola ke tanah dengan berjalan ataupun berlari menggunakan satu tangan baik tangan kanan ataupun tangan kiri. untuk mendapatkan skil drible dengan bagus dapat dilakukan dengan latihan secara terus menerus, dan lakukan ber ulang-ulang. drible juga membutukan feeling ball yang bagus maka semakin anda sering melakukan maka drible juga semakin menunjukan perubahan yang signifikan.

* untuk beberapa pola latihan dan beberapa teknik lanjuntan drible akan di posting di blog berikutnya untuk penjelasan lebih spesifik.

2. Passing (gerakan mengoper bola)

passing merupakan komponen dasar dasar basket penting dalam permainan bola basket, seringkali dengan passing atau operan yang bagus angka tercipta dengan mudah.
secara teori pengertian pasing yaitu melakukan gerakan dengan tujuan bola berpindah tangan .

* untuk beberapa pola latihan dan beberapa teknik lanjuntan passing akan di posting di blog berikutnya untuk penjelasan lebih spesifik.

3.  Shooting (gerakan untuk menghasilkan angka ke basket)


inilah yang terakhir , sebagai roh permainan bola basket shooting kerapkali menjadi penentu hasil di dalam lapangan pertandingan bola basket. field goal (statistik lemparan) menjadi penentu siapa yang menang dan siapa yang kalah dalam pertandingan.
sedang pengertian shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.

* untuk beberapa pola latihan dan beberapa teknik lanjuntan shooting akan di posting di blog berikutnya untuk penjelasan lebih spesifik.