Home » » Mengenal Cedera

Mengenal Cedera

cedera
Bagaimana treatment (perawatan) waktu kita mengalami cedera saat berlatih atau bertanding basket? 

Berikut beberapa cedera yang umum dan sering terjadi saat kita bermain.


Ankle Terkilir (keseleo pergelangan kaki)

Pengobatan untuk keseleo pergelangan kaki melibatkan istirahat, es, kompresi, dan elevasi (RICE). Kebutuhan untuk X-ray dan evaluasi oleh dokter ditentukan atas dasar kasus cedera dan tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi nyeri. Nyeri dan pembengkakan pada tulang itu sendiri mungkin perlu dievaluasi lebih lanjut. Sebuah cedera pergelangan kaki yang di alami oleh anak yang masih berkembang bisa mewakili keseleo sederhana atau bisa menjadi hasil dari cedera pada pertumbuhan terletak di sekitar pergelangan kaki dan harus dievaluasi oleh dokter agar tidak menjadi cedera yang kambuh-kambuhan.


Jari-Jari Tangan Bengkak

Jari bengkak terjadi ketika terjadi kontak bola dengan ujung jari dan menyebabkan pembengkakan yang signifikan dari satu sendi saja. Pengompresan dengan es pada jari yang berdekatan dapat memberikan beberapa bantuan pertolongan pertama dan memungkinkan atlet untuk kembali bisa bermain. Jika rasa sakit dan pembengkakan bertahan, evaluasi oleh dokter atau pelatih fisik dan agar dianjurkan x-ray jari mungkin diperlukan tergantung tingkat keparahan cedera tersebut, akan tetapi sebenarnya cedera bisa di minimalisir.

Cedera Lutut

Basket membutuhkan gerakan dengan intensitas dan  manuver gerakan yang mungkin dapat menempatkan ligamen dan menisci dari lutut beresiko untuk cedera. Cedera pada ligamen kolateral medial adalah yang paling umum setelah terjadi sentuhan ke pada bagian luar lutut dan dapat dilakukan pertolongan pertama dengan dikompres  dengan es, dan memulihkan kondisi kembali secara bertahap ke aktivitas seperti biasanya.

Sebuah cedera pada ligamen anterior adalah cedera yang lebih serius dan dapat terjadi pada saat melakukan gerakan saat bermain seperti perubahan mendadak dalam arah (pivot, cutting) dan pendaratan saat melompat. Yang terparah sobek pada ligamen yang paling umum pada cedera seasonending yang membutuhkan operasi korektif, bermacam teknik kedokteran saat ini digunakan untuk memperbaiki ligamen ACL umumnya memungkinkan pemain untuk kembali bermain pada musim berikutnya setelah melakukan operasi dan threatment.

Paha Memar

Pengobatan termasuk istirahat, es, kompresi, dan elevasi bila diperlukan. Girdle adalah alat yang tersedia dan dijual secara komersial dengan bantalan paha yang berfungsi untuk perlindungan.

Stres Fraktur

Stres fraktur dapat terjadi dari peningkatan pesat dalam tingkat aktivitas atau pelatihan atau dari overtraining (latihan berlebihan yang dipaksakan). Stres patah tulang pada basket paling sering terjadi pada kaki dan bawah (tibia). Setelah didiagnosis, periode imobilisasi dan non-weight bearing dianjurkan. Kembali bermain akan diizinkan setelah patah tulang telah sembuh sepenuhnya dan atlet sudah tidak merasakan sakit.